Psikologi dan Teknologi Internet
Layanan Aplikasi Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking)
adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan
standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol
pertukaran paket (packet switching
communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh
dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan
internetworking (antarjaringan).
Internet
menyediakan beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.
Setiap aplikasi berjalan diatas sebuah protokol tertentu. Istilah “protokol” di
internet mengacu pada satu set aturan yang mengatur bagaimana sebuah aplikasi
berkomunikasi dalam suatu jaringan. Sedangkan software aplikasi yang berjalan
diatas sebuah protokol disebut sebagai aplikasi client. Di bagian ini, kita
akan berkenalan secara sepintas dengan aplikasi-aplikasi yang paling sering
dimanfaatkan oleh pengguna internet.
A. World Wide Web (WWW)
World Wide Web (WWW) adalah
aplikasi yang paling menarik di internet dan seperti e-mail,
aplikasi ini sangat penting dan banyak digunakan. Dokumen
Web tersebut dibuat dengan format hypertext dan hypermedia dengan
menggunakan Hypertext Markup Language (HTML). HTML mempunyai kemampuan untuk
menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Dokumen yang
dibuat dengan HTML tersebut dapat memuat teks, gambar, animasi, audio dan
video. Aplikasi ini kadang disebut The Killer Application atau the world is at
your fingertip karena Anda bisa mendapatkan
informasi dengan mudah sekali bukan sekadar teks bahkan gambar
(images), maupun multimedia. Dalam aplikasi ini banyak kemudahan yang dapat
dilakukan antara lain memesan atau membeli suatu barang secara
online, mendaftar secara online, mencapai multimedia. Informasi yang
diletakkan di WWW disebut homepage dan setiap homepage mempunyai alamatnya
masing-masing. Untuk dapat menarik perhatian pengguna sehingga homepage dapat
sering dikunjungi, maka Anda harus dibangun semenarik mungkin dan
kaya akan informasi yang jelas. Dalam hal ini bidang seni sangat
diperlukan, sehingga dunia periklanan dan dunia perniagaan semakin sinergi.
B. Electronic Mail (E-mail)
Electronic mail (E-mail) adalah
salah satu kemudahan atau aplikasi yang paling banyak digunakan di internet.
Hal ini karena e-mail merupakan alat komunikasi yang paling murah dan cepat.
Melalui e-mail Anda dapat berhubungan dengan siapa saja yang
terhubung ke internet di seluruh dunia dengan
biaya relatif terjangkau. Konsep e-mail adalah seperti
Anda mengirim surat dengan pos biasa, dengan beralamatkan tempat
yang Anda tuju. Dari pos tersebut akan disampaikan ke pos yang
terdekat dengan alamat yang dituju dan akhirnya sampai ke alamat tersebut.
Penerima hanya membuka kotak pos saja yang ada di depan rumah, sedangkan
pengirim tidak tahu apakah orang yang dituju tersebut sudah menerima surat
tersebut, sampai surat itu dibalas. Dengan e-mail data dikirim secara
elektronik sehingga sampai di tujuan sangat cepat. Anda juga dapat
mengirim file-file seperti program, gambar, grafik dan sebagainya, dan dapat
mengirim ke lebih dari satu orang sekaligus dalam satu waktu.
C. Search Engine
Search engine adalah program yang
digunakan untuk mencari informasi di lingkungan (realm) tertentu dan
menyimpannya dalam database. Istilah ini seringkali terlalu dikaitkan dengan
Internet search engine, yakni search engine yang didisain khusus untuk
pencarian informasi di Internet. Sebenarnya search engine bisa juga
dimanfaatkan untuk pencarian konten offline seperti misalnya katalog
perpustakaan, konten hardisk di komputer pribadi, atau katalog koleksi museum
dsb. Search engine membantu kita mengorganisir dan menampilkan informasi
sedemikian rupa sehingga informasi tsb mudah diakses.
Ada tiga hal menyangkut search
engine: crawling, indexing, dan searching. Sewaktu crawling, search engine
mencari konten baru yang tidak ditemukan pada crawl terakhir, termasuk update
file dan halaman web. Kemudian ia mengindex informasi yang didapat, mengambil
keyword lalu mengelompokkannya. Di Internet misalnya, indexing sangat
dipengaruhi oleh keyword dan meta tag yang menyediakan informasi mengenai
halaman web.
Jika informasi sudah diindex,
informasi mengenai bagaimana cara mengakses informasi tsb kemudian disimpan
dalam database. Sebagian search engine juga membuat “cache” agar pengambilan
informasi ketika diperlukan menjadi lebih mudah. Ketika kita melakukan
pencarian, search engine kemudian menampilkan hasil yang diperluas berdasar
relevansinya. Pencarian “apel” misalnya, akan memunculkan hasil mengenai
hal-hal yang berkaitan dengan apel, termasuk misalnya, “apa itu apel?” demi
kenyamanan pengguna.
Walau semua search engine bekerja
dengan cara serupa tetapi kegunaannya bisa cukup bervariasi. Search engine
didasarkan pada algoritma kompleks untuk menentukan relevansi hasil
pencariannya, terutama hasil pencarian keyword-keyword generik. Pengguna
cenderung lebih menyukai search engine yang menampilkan hasil pencarian seperti
yang mereka harapkan. Google, Yahoo, Lycos dan Altavista misalnya, berlomba
melengkapi fitur masing-masing search engine-nya agar hasil pencarian yang
ditampilkan lebih relevan dan lebih disukai penggunanya.
D. Chatting
Chatting adalah sebuah bentuk komunikasi di intenet yang menggunakan
sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. Dalam sebuah sesi
chat, komunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan
ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter. Para chatter dapat
saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan
membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol
berdua saja dengan chatter lain. Kegiatan chatting membutuhkan software yang
disebut IRC Client, diantaranya yang paling populer adalah software mIRC. Ada
juga beberapa variasi lain dari IRC, misalnya apa yang dikenal sebagai MUD
(Multi-User Dungeon atau Multi-User Dimension). Berbeda dengan IRC yang hanya
menampung obrolan, aplikasi pada MUD jauh lebih fleksibel dan luas. MUD lebih
mirip seperti sebuah dunia virtual (virtual world) dimana para penggunanya
dapat saling berinteraksi seperti halnya pada dunia nyata, misalnya dengan
melakukan kegiatan tukar menukar file atau meninggalkan pesan. Karenanya,
selain untuk bersenang-senang, MUD juga sering dipakai oleh komunitas ilmiah
serta untuk kepentingan pendidikan (misalnya untuk memfasilitasi kegiatan
kuliah jarak jauh). Belakangan, dengan semakin tingginya kecepatan akses
internet, maka aplikasi chat terus diperluas sehingga komunikasi tidak hanya
terjalin melalui tulisan namun juga melalui suara (teleconference), bahkan
melalui gambar dan suara sekaligus (videoconference). beberapa aplikasi Chat
yang sering digunakan antara lain yahoo messenger, Google Talk, Skype,
Facebook Chat, Oovoo dan lain sebagainya
E. Netiquette
Netiquette dapat diartikan
sebagai Internet Etiquette atau Social Network Etiquette. Netiquette merupakan
sebuah aturan dalam berinternet, pada umumnya diera modern ini semua orang
pasti menggunakan internet dalam berbagai kegiatannya dari mulai pekerjaan,
mencari sumber informasi, berinteraksi dengan teman, dan banyak lagi. Oleh
sebab itu diperlukan aturan dalam berinternet agar pengguna mengetahui
bagaimana batasan dan cara yang benar dalam menggunakan atau memanfaatkan
internet dengan baik.
Adapun Pengertian dari Flamming, Trolling, Junking
1. Flamming
Flaming adalah sebuah tindakan provokasi atau mengejek
ataupun melakukan penghinaan terhadap seseorang atau sebuah komunitas yang
menyinggung pengguna internet lain, yang dapat memicu pertengkaran di sosial
media. Daerah yang paling umum di mana flaming terjadi adalah forum diskusi
online, yang juga disebut buletin board.
Contoh Kasus : topik forum
diskusi dapat “Memilih motor merk A atau merk B.” Beberapa pengguna motor merk
A dapat memposting pesan sombong tentang kecanggihan dari merk A tersebut, yang
pada gilirannya mendorong respon dari pengguna motor merk B seolah tidak mau
kalah. Pengguna merk A kemudian dapat membalas lagi dengan menjelek-jelekkan
merk B sehingga berujung perang.
2. Trolling
Trolling adalah sebuah pesan atau komentar yang sering
disalah gunakan oleh pengguna internet yang bertujuan untuk membangkitkan
tanggapan emosional atau kemarahan dari pengguna lain, biasanya sering
digunakan dalam debat-debat panas, memojokkan lawan diskusi bahkan untuk mereka
yang tidak tahu etika dalam penggunaan Internet. istilah ini juga sering
disalahgunakan untuk memojokkan lawan diskusi untuk debat debat panas dan
sering juga disalahterapkan untuk mereka yang tidak perduli terhadap etika.
Trolling sering di dekskripsikan sebagai versi online dari eksperimen
pelanggaran, dimana batas-batas dan aturan etika diabaikan. Mereka yang mengaku
sebagai troll sering memposisikan diri untuk menantang pendapat umum atau
asumsi umum dari forum yang mereka ikuti, dengan tujuan untuk mengalihkan atau
mengenalkan cara berpikir yang baru.
Contoh Kasus : komentar
seseorang ketika melihat temannya memasang foto yang berbeda dengan yang
aslinya “ bro kok foto lu di twitter jadi cakep amat? Lu edit pake photoshop
ya?”
3. Jungking
Junking atau junk adalah kata-kata yang tidak berguna
dan di posting kedalam sebuah media sosial. Terkadang pengguna internet
menamakannya dengan spamming atau spam. Junking ini juga biasanya terjadi pada
email yang sering disebut junk mail.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar